Langsung ke konten utama

dgen.exe yang Menyebabkan CPU Usage Mencapai 100%

Halo! Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan membahas salah satu problem di laptop saya yang kemarin Alhamdulillah sudah beres, yaitu munculnya dgen.exe yang menyebabkan CPU Usage mencapai 100% walaupun kita sedang tidak menjalankan program/aplikasi apa-apa. Mungkin beberapa di antara temen-temen juga pernah atau sedang mengalami masalah ini. Berhubung saya gak begitu tahu-menahu tentang masalah-masalah pada pc, jadi tolong dimaklumi jika terdapat kesalahan-kesalahan dalam menyampaikannya.

Jadi semua berawal ketika saya sedang menyalakan laptop untuk suatu keperluan. Di sini saya menggunakan Windows 7 Professional. Awalnya saya tidak menyadari kalau CPU Usage-nya dari awal sudah 100%. Sewaktu sedang iseng-iseng cek Windows Task Manager, saya tiba-tiba tertegun melihat CPU Usage sudah mencapai 100% padahal aplikasi yang sedang dipakai hanya Microsoft Office Word 2007, itupun baru mulai dijalankan. Ketika dicek di bagian Processes di Windows Task Manager, ternyata yang menyebabkannya adalah dgen.exe. Akhirnya saya Resource monitor, lalu saya suspend (ditunda sementara) proses dgen.exe tersebut, ternyata CPU Usage langsung kembali seperti keadaan normal atau kira-kira 24-32%. (Saya belum berani end process, karna takut kehilangan jejak). 

Setelah googling sebentar, saya temukan ada seseorang yang mempunyai masalah serupa. Akhirnya saya temukan comment yang menjelaskan bahwa dgen.exe hanya bisa terdeteksi oleh 5 antivirus yang ada, yaitu Agnitum Outpost, Avira AntiVirus, Avast!, Baidu Antivirus, dan ESET NOD32. Memang benar, karena sebelumnya saya coba scan menggunakan SMADAV dan Advanced SystemCare Ultimate 7 tidak membuahkan hasil walaupun menggunakan deep scan. Akhirnya saya mencoba menginstall Avira AntiVir. Setelah proses installasi selesai, barulah dgen.exe itu langsung terdeteksi. Saya lakukan boot scan (deep) yang setelah selesai proses scanning, pc akan di restart. Kemudian barulah malware tersebut dipindahkan ke quarantine oleh Avira AntiVir dan Alhamdulillah masalah dgen.exe tersebut sudah tuntas dan sampai sekarang proses tersebut tidak pernah muncul lagi.

Jadi intinya jika kamu mempunyai masalah serupa, silakan saja coba mendownload antivirus yang disebutkan tadi. Namun dengar-dengar dgen.exe tersebut juga dapat diatasi oleh Hitman Pro.

Ya saya kira sampai disini dulu penjelasannya. Mohon maaf jika ada beberapa istilah atau kalimat yang menyimpang, karna pada dasarnya saya hanya ingin berbagi pengalaman saja. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca, dan semoga tulisan ini membantu.

Sampai jumpa!

note: "The application dgen.exe has been detected as a potentially unwanted program by 5 anti-malware scanners. This is a malicious Bitcoin miner. Bitcoin-mining malware is designed to force computers to generate Bitcoins for cybercriminals' use and consumes computing power."
source: http://www.herdprotect.com/dgen.exe-847a757e4cd2b244e7a02cc6f17c1bab43db1e14.aspx

Komentar

  1. terima ksih atas informasinya

    BalasHapus
  2. na ini baru trheat yg sebener-benernya semantap-mantapnya n se apa ke". hahahah
    gw cari lama di tmpat yg lain ga membuahkan hasil. n skarang WOW WOW banggggeeeettt..!! thanks infonya. ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa sama-sama ya, seneng bisa ngebantu :))

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

The First Entry, here I come!

Hallo! Berhubung ini post pertama saya, saya disini akan memperkenalkan diri terlebih dahulu Nama saya Erika Fadillah Putri, biasa dipanggil Erika. Saya masih berstatus pelajar, jadi kalo selanjutnya ada sepercik kesalahan mohon dimaklumi ya! Hobby saya simple aja, ngelamun, gaming, berhayal, mantau perkembangan YouTube, menggambar, googling, dll. Maklum lah, saya ini pendiam, jadi kebanyakan ngelamun sama mikirin kehidupan. Sebenarnya sudah lama saya ingin membuat blog. Awal datangnya pemikiran mau bikin blog tuh hanya sekedar mengisi waktu luang aja. Ditambah saya sering mendengar bahwa kita bisa menghasilkan uang dengan Blogging. Bisa dengan pemasangan iklan di blog, atau menjual bermacam desain grafis buatan sendiri, ataupun berbisnis online jika memang teman-teman berminat untuk menjual sesuatu. Tapi setelah dipikir-pikir saya pribadi hanya ingin mengisi waktu luang dan membagi pengalaman serta sedikit pengetahuan kepada pembaca sekalian! Sempat terpikir dibenak saya_&quo